Artikel Pengadilan Agama Pekalongan LOGIKA DAN URGENSI SURAT AL-FATIHAH BAGI UMMAT MANUSIA
Selengkapnya...
Artikel Pengadilan Agama Pekalongan IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN HUKUM KEPADA WARGA NEGARA
Artikel Pengadilan Agama Pekalongan ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA BERDASARKAN AL QURAN
Ditulis oleh Admin Pengadilan Agama Pekalongan

 

PERTEMUAN DHARMA YUKTI KARINI CABANG PEKALONGAN

 

Pada hari Jum’at tanggal 19 Mei 2017  Pengadilan Agama Pekalongan kembali mendapatkan giliran ketempatan  pertemuan    Dharmayukti Karini Cabang Pekalongan yang diadakan setiap bulan sekali,  pertemuan rutin ini di hadiri oleh ibu-ibu dan istri-istri pegawai dari Pengadilan Negeri Pekalongan, Pengadilan Agama Pekalongan dan Pengadilan Agama Kajen. Kegiatan ini di gelar di ruang sidang utama Pengadilan Agama Pekalongan.

 

Sebelum Kegiatan Dharmayukti Karini Cabang Pekalongan di mulai terlebih dahulu diadakan pertemuan  ibu-ibu Paguyuban Pengadilan Agama Pekalongan acara tersebut dimulai pada pukul 08.00 s/d 09.00 Wib. Acara pertemuan tersebut diadakan setiap tiga bulan sekali sengaja dikemas bersamaan dengan pertemuan Rutin Dharma Yukti Karini Cabang Pekalongan. Ibu Ketua Paguyuban Ibu-Ibu Pengadilan Agama Pekalongan menyampaikan pentingnya kita mengadakan pertemuan ini  bertujuan untuk mepererat hubungan silaturahmi dan lebih saling mengenal dan lebih akrap juga untuk menghindari perbedaan antara ibu-ibu paguyuban Pengadilan Agama Pekalongan baik yang sudah pegawai maupun yang masih dalam pengabdian. Dalam acara tersebut ibu Siti Mutmainah Muhlas  isteri wakil ketua Pengadilan Agama Pekalongan juga memberikan arahan beliau menyampaikan cara mendidik anak biar berkarakter yang baik untuk menyikapi kemajuan teknologi yang sangat dahsyat pengaruhnya dan kita sebagai orang tua harus mengikutinya supaya kita tidak dibohongi oleh anak-anak kita, dan kita harus bisa mengarahkan anak biar tidak tergelincir dalam era globalisasi ini.

 

Pukul 09.00 wib dilanjutkan dengan pertemuan Dharma Yukti Karini Cabang Pekalongan. Acara dibuka dengan bacaan basmallah di lanjutkan menyanyikan Mars dan Hymne Dharmayukti Karini, dalam acara pertemuan ini diawali dengan siraman rohani (kultum) yang disampaikan Bapak Drs. H.  Hamid Anshori, SH., MH Hakim Pengadilan Agama Pekalongan yang bertemakan menyambut bulan Ramadhan, selanjutnya sambutan oleh Ibu Nur Hidayati Wahid Abidin selaku Wakil Ketua I  beliau selaku tuan rumah menyampaikan terimakasih kepada ibu-ibu yang telah berkenan hadir dalam acara pertemuan rutin ini, beliau juga menyampaikan permintaan maaf untuk pertemuan kali ini Ibu Ketua Dharmayukti Karini Cabang Pekalongan tidak bisa hadir di karenakan sedang ada keperluan yag tidak bisa ditinggalkan, dalam sambutannya selaku tuan rumah beliau menyampaikan mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan, selain itu juga menghimbau kepada ibu-ibu mari kita untuk saling memaafkan karena sebentar lagi hadir bulan Ramadhan kita akan menjalankan ibadah puasa biar puasa kita lebih khusu’.  dilanjutkan Pembacaan Notulen oleh Ibu Sri Agustuti, kemudian Penyampaian Laporan dari Sekretaris, Bendahara, seksi Organisasi, seksi Sosial dan Budaya. Acara selanjutnya acara adalah acara yang ditunggu-tunggu pembukaan arisan dilanjutkan  pembagian door prize kemudian acara ditutup dengan bacaan Hamdalah.

 

 

 

  

 

Ditulis oleh Admin Pengadilan Agama Pekalongan

 RAPAT DINAS PENGADILAN AGAMA PEKALONGAN

Seperti bulan- bulan yang lalu merupakan kegiatan rutinitas setiap bulan Pengadilan Agama Pekalongan mengadakan Rapat Dinas pada bulan Mei rapat dinas diadakan pada hari Selasa, tanggal 10 Mei  2017 bertempat di ruang sidang Utama Pengadilan Agama Pekalongan, dipimpin oleh Sekretaris sebagai pembawa acara, sebagai pembukaan Rapat Dinas diawali dengan bacaan Basmallah. Seperti biasanya dalam Rapat Dinas terlebih dahulu diadakan siraman rohani (kultum) yang disampaikan oleh Ibu Dra. Hj. Nadhifah, MH  yang bertemakan persiapan menjelang bulan Ramadhan, dilanjutkan   laporan dari masing-masing bidang. Kemudian pengarahan dari Ketua Pengadilan Agama Pekalongan  dalam arahannya tersebut beliau menyampaikan temuan hasil pemeriksaan dari Hawasbid Pengadilan Agama Pekalongan, menghimbau hasil temuan tersebut untuk segera ditindak lanjuti, supaya tidak terjadi kesalahan yang sama dikemudian hari.  kemudian beliau juga berpesan untuk selalu membuka SIPP dan menginput data segera. beliau juga menyampaikan hasil pertemuan Sosialisasi PERMA No. 14 tahun 2016 dan PERMA No. 12 tahun 2015 tentang Penyelesaian Perkara Sengketa Ekonomi Syariah Pengadilan Agama di Purwokerto.

Kemudian Rapat Dinas dilanjutkan dengan pembinaan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Pekalongan DR. Drs. Muhlas, SH., MH. Beliau menambahkan bahwa harus segera menindak lanjuti hasil temuan hawasbid, beliau juga menyampaikan untuk meningkatkan keimanan kita dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

 

Ditulis oleh Admin Pengadilan Agama Pekalongan

 Rapat Dinas Pengadilan Agama Pekalongan

Rapat Dinas Pengadilan Agama Pekalongan diadakan pada hari Rabu, 05 April 2017 bertempat di ruang sidang Utama Pengadilan Agama Pekalongan, rapat dinas ini merupakan kegiatan rutinitas setiap bulan, dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Pekalongan Drs. H. Wahid Abidin, MH. Rapat dibuka dengan bacaan basmallah. Dilanjutkan dengan siraman rohani (kultum) yang disampaikan Bapak Drs. H.  Hamid Anshori, SH., MH yang bertemakan Isro’ Mi’roj’. Seperti pada rapat-rapat yang lalu setiap  rapat bulanan ada  laporan dari masing-masing bidang, bertujuan supaya dapat diketahui secara dini apabila ada kekeliruan dalam membuat laporan bulanan dan dapat segera ditindak lanjuti.  kemudian pengarahan dari Ketua Pengadilan Agama Pekalongan  dalam arahannya tersebut beliau menyampaikan hasil pertemuan rakor di Yogyakarta tentang RB dan SPIP, juga menyampaikan  bahwa kita harus meningkatkan kinerja kita, dalam bekerja harus terencana,  juga menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan fitnah khususnya dalam pelayanan terhadap masyarakat. Dilanjutkan pengarahan Wakil Ketua Pengadilan Agama Pekalongan DR. Drs. Muhlas, SH., MH. Beliau menambahkan bahwa kita harus selalau menjaga kebersihan  agar di lingkungan kantor kita senantiasa kelihatan bersih dan indah,  dan menghimbau  kepada para  Hakim untuk membuat artikel supaya webset Pengadilan Agama Pekalongan lebih berkwalitas dan juga menghimbau kepada semua pegawai untuk  menjaga kesehatan kita dengan meluangkan waktunya untuk berolah raga.

 

Selengkapnya: Rapat Dinas Pengadilan Agama Pekalongan

Ditulis oleh administrator Pengadilan Agama Pekalongan

Sertifikasi Hakim Ekonomi Syariah Tahun 2017

 

Pada hari Kamis tanggal 23 Maret 2017, berdasarkan surat dari Pengadilan Tinggi Semarang No. W11-A/853/KP.00.1/III/2017 Perihal Pembagian Tempat Pelaksanaan  Seleksi Kompetensi Secara  E-Test  Sertifikasi Hakim Syariah Pengadilan Agama Pekalongan menjadi salah satu Tempat diselengarakannya E-test Sertifikasi Hakim Syariah. jumlah peserta yang terdaftar ada 14 peserta yang merupakan Hakim Pengadilan Agama yang berada di Eks-karisidenan Pekalongan antara lain Pengadilan Agama Tegal, Pengadilan Agama Pemalang, Pengadilan Agama Brebes, Pengadilan Agama Kajen, dan Pengadilan Agama Batang.