Pengadilan Agama Kelas 1A Pekalongan

Jl. Dr. Sutomo No.190 Pekalongan Timur - Kota Pekalongan

17 Agustus 2017

Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72

Ditulis oleh administrator Pengadilan Agama Pekalongan

 

UPACARA BENDERA 17 AGUSTUS 2017 DI PENGADILAN AGAMA PEKALONGAN

 

 

 

Pekalongan, Rabu tanggal, 17 Agustus 2017  dilaksanakan upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-72 tepat pukul 07.00 WIB bertempat di halaman gedung Pengadilan Agama Pekalongan. Upacara bendera dihadiri oleh Dr. Drs. Muhlas, SH., MH Wakil Ketua Pengadilan Agama Pekalongan dengan , para Hakim, PaniteraSekretaris, Pejabat StukturalPejabat Fungsional serta seluruh Pegawai Honorer Pengadilan Agama Pekalongan.

 


 

 

 

Bertindak sebagai pembina upacara adalah Wakil Ketua Pengadilan Agama Pekalongan Dr. Drs. Muhlas SH., MH. sekaligus membaca naskah proklamasi. Bertindak sebagai Komandan Upaca Kasubag Kepegawaian Bapak Ali Tibrizi. Sebagai MC / Pembawa acara Anik Fitrotul Izza, SHI. Petugas Pengibar Bendera Sang Saka Merah Putih adalah Suharjono, Imam Setiawan, dan Erna Kusumaningrum, SE., pembaca naskan UUD 194 adalah Sri Agustuti dan pembacaan Do’a oleh Bapak Drs. H Hamid Anshori, SH,. MH., Hakim Pengadilan Agama Pekalongan.

 

Prosesi upacara diawali dengan penghormatan umum kepada Pembina Upacara kemudian laporan Komandan  Upacara kepada Pembina Upacara di lanjutkan dengan pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera. Mengheningkan cipta di pimpin  Pembina Upacara, dilanjutkan dengan pembacaan naskah Pancasila oleh Pembina Upacara yang di ikuti oleh seluruh peserta upacara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

 

Kemudian amanat Pembina upacara dalam amanatnya menyampaikan pidato sambutan tertulis Gubernur Jawa Tengah Bapak H. Ganjar Pranowo, SH.MIP. Upacara berlangsung dengan lancar dan hidmat ditutup dengan pembacaan Do’a yang dipimpin Bapak Drs. H. Hamid Anshori, SH., MH. 

 

Pada kesempatan ini juga dianugerahakan Tanda Kehormatan Satya Lancana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia kepada pegawai Pengadilan Agama Pekalongan diantaranya adalah :

 

1.    Penghargaan Satya Lancana Karya Satya XXX tahun dianugerahkan kepada Bapak Asmono, SH. Sekretaris Pengadilan Agama Pekalongan.

2.    Penghargaan Satya Lancana Karya Satya XX tahun dianugerahkan kepada  Kasubag Kepegawai, Ortala Pengadilan Agama Pekalongan Bapak Ali Tibrizi.

 

Penganugerahan diserahkan oleh  Bapak Dr. Drs. Muhlas, SH., MH Bapak , Wakil Ketua Pengadilan Agama Pekalongan,  dilanjutkan penyerahan hadiah  bagi pemenang lomba dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun  Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke 72. Selamat bagi pemenang lomba mudah-mudah bisa manfa’at.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ditulis oleh Admin Pengadilan Agama Pekalongan

Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Indonesia ke 72 di Pengadilan Agama  Pekalongan Tahun 2017

 

Pekalongan, Jum’at tanggal, 11 Agustus 2017 Pengadilan Agama Pekalongan kembali menggelar lomba dalam rangka 17 an, melanjutkan  lomba  pada hari Jum’at  tanggal, 04 Agustus 2017 belum dilombakan yaitu lomba membawa paku dimasukan ke dalam botol dan lomba mengambil kelereng dengan Supit. Sebelum lomba dimulai terlebih dahulu diadakan jalan sehat dengan rute keliling kampung  karangmalang yang terletak di belakang Kantor Pengadilan Agama Pekalongan. Untuk lebih memberikan semangat  kepada peserta jalan sehat, semua peserta  jalan sehat diberikan kenang-kenangan berupa doorprize yang menarik yang sebagian doorprizenya disponsori Bank BRI Cabang Pekalongan, doorprize yang diberikan berupa Kipas Angin duduk, Magic com, Strikaan Listrik, dll. Setelah pembagian doorprize dilanjutkan dengan lomba-lomba. Lomba berjalan dengan lancar dan kelihatan sangat meriah, semua peserta lomba bapak-bapak, Ibu-ibu kelihatan gembira dan antusias  untuk memenangkan lomba tersebut. Alhamdulillah kegiatan lomba dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun  Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 telah selesai dan berjalan dengan lancar,

Selengkapnya: Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Indonesia ke 72 di Pengadilan...

Ditulis oleh Admin Pengadilan Agama Pekalongan
  •  RAPAT DINAS PENGADILAN AGAMA PEKALONGAN

 

Rabu tanggal, 09 Agustus 2017 tepat pukul 13.30 Wib bertempat di Ruang Sidang Pengadilan Agama Pekalongan diadakan  rapat dinas. Kali ini rapat dinas dipimpin langsung oleh Dr. Drs. Muhlas, SH., MH., Wakil Ketua Pengadilan Agama Pekalongan karena Ketua Pengadilam Agama Pekalongan Drs. H. Wahid Abidin, MH. sedang menuaikan Ibadah Haji. Rapat dinas dihadiri oleh Hakim, Pejabat Fungsional/Struktural dan juga pegawai honorair.


Rapat dibuka dengan bacaan basmallah. Pada rapat tersebut  selalu diawali dengan siraman rohani (kultum) yang disampaikan oleh Bapak Drs. AM. Suchrowardy, menyampaikan Surat Ali Imron ayat 112 dan 113 yang membahas bahwa ciri-ciri orang yang bertaq’wa diantaranya adalah :

  • Orang yang mempunyai kemampuan untuk menahan hawa nafsu / menahan amarah.

  • Orang  yang mempunyai kemampuan untuk memaafkan orang lain.

Dilanjutkan pengarahan wakil Ketua Pengadilan Agama Pekalongan Dr. Drs.  Muhlas, SH., MH. Menyampaikan hasil pembinaan di Hotel Grasia Semarang yang diantaranya adalah:


- Peningkatan pelayanan, bahwa pelayanan betul-betul harus ditingkatkan, seringan atau  sebesar apapun bawa petugas informasi  harus bersikap / melayani dengan ramah (untuk selalu salam, senyum, dan sapa) kepada pihak pencari keadilan.

- Tindak lanjut surat dari Badilag agar setiap Satuan Kerja menyusun SOP.

- Meningkatkan keamanan dan kebersihan kantor.

- Meningkatkan keseimbangan kerja antara pejabat Kepaniteraan dan Kesekretariatan agar bisa bekerja secara sinergi. Juga    menyampaikan supaya berkoordinasi dengan Pengadilan Negeri untuk menyamakan radius panggilan agar ada keseragaman.     

Belian juga menghimbau agar kita untuk selalu meramaikan website dengan rajin untuk menulis artikel untuk di upload ke Website Pengadilan Agama Pekalongan.


Delanjutkan dengan acara lain-lain diantaranya  masukkan dan usulan dari seluruh peserta rapat, dan masing-masing peserta rapat telah pro aktif memberikan masukan. Demikian Rapat dinas berjalan dengan lancar dan ditutup dengan bacaan hamdallah.

Selengkapnya: RAPAT DINAS PENGADILAN AGAMA PEKALONGAN Agustus 2017

Ditulis oleh administrator Pengadilan Agama Pekalongan

Pelepasan dan Penyerahan Mahasiswa PPL IAIN Pekalongan Tahun 2017

 

 

Kamis  tanggal 10 Agustus 2017 tepat pukul 08.00 WIB bertempat di ruang sidang.  Wakil Ketua Pengadilan Agama Pekalongan Dr. Drs.  Muhlas, SH., MH menyelenggarakan kegiatan penyerahan kembali para Mahasiswa IAIN Pekalongan yang telah melaksanakan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di Pengadilan Agama.Hadir pada acara terseut dari Pengadilan Agama Pekalongan diantaranya didampingi oleh Drs. H. Choirul Anwar (Hakim), Drs. H. Jamali (Panitera) dan Asmono, SH (Sekrataris), Faesol Ghozi, S.Ag  (panmud Hukum) dan Mamnukhin, SH (Panmud Permohonan). 

Acara di buka dengan bacaan Basmallah kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan Mahasiswa, menyampaikan permohonan  maaf yang sebesar-besarnya kepada bapak/ibu sekalian, jika selama kami melaksanakan PPL di sini ada tingkah laku  kami yang kurang berkenan di hati bapak/ibu sekalian. Dengan ini kami mohon pamit. 

Dilanjutkan dengan pelepasanan / penyerahan kembali  Mahasiswa IAIN Pekalongan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Pekalongan Dr. Drs. Muhlas, SH., MH. kepada pihak IAIN Pekalongan  yang dalam hal ini diwakili oleh. Dosen Pembimbing Dr. Sam'ani, M.Ag,. hadir pada acara terseut dari  IAIN Pekalongan adalah Dr. Sam’ani, M.Ag, dan Dr. Hasan Bisyri, M.Ag. Acara dilanjutkan  dengan penerimaan kembali mahasiswa oleh perwakilan dari IAIN Pekalongan  Dr. Sam'ani, M.Ag . sebagai dosen pembimbing beliau menyampaikan bahwa Dosen Pembimbing Dra. Hj. Rita Rahmawati, M.Pd.   tidak bisa hadir pada acara ini dikarenakan sedang ada urusan yang tidak bisa ditinggalkan. Beliau menyampaikan  ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Ketua Pengadilan Agama Pekalongan yang dalam hal ini diwakili oleh Dr. Drs. Muhlas, SH., MH dan kepada semua pihak yang telah membantu Mahasiswa, para hakim dan pejabat kepaniteraan maupun kesekretariatan yang telah memberikan bimbingan dan memberikan ilmu pengetahuan tentang paktek peradilan kepada para mahasiswa, semoga apa yang telah diberikan  menjadi ilmu yang bermanfaat dan tidak lupa pula kami mohon maaf apabila selama Mahasiswa dalam mengikuti kegiatan PPL di Pengadilan Agama Pekalongan  ada perilaku maupun sikap yang kurang berkenan. Beliau juga menyampaikan  agar dilakukan pembuatan MoU kembali antara Pengadlian Agama Pekalongan dengan IAIN Pekalongan.

 


Kemudian sambutan Wakil Ketua Pengadilan Agama Pekalongan menyampaikan bahwa menurut pengamatan beliau selama Mahasiswa PPL di Pengadilan Agama Pekalongan telah melaksanakan Praktik dengan baik. Beliau juga menyampaikan permintaan maafnya apabila sekiranya masih ada kekurangan dalam memberikan pelayanan  selama mahasiswa praktik di Pengadilan Agama Pekalongan, tidak  seperti apa yang mereka  harapkan. Beliau juga berpesan semoga ilmu yang mereka dapatkan selama PPL di Pengadilan Agama Pekalongan ini dapat bermanfaat,  mudah-mudahan Mahasiswa yang telah dilepas tersebut bisa tetap menjaga silaturahim, juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada IAIN Pekalongan yang telah memberikan kepercayaan kepada Pengadilan Agama Pekalongan sebagai tempat PPL Mahasiswa.


 


penyerahan kenang-kenangan dari IAIN Pekalongan yang diwakili oleh Dr. Sam'ani, M.Ag dan Dr. Hasan Bisyri, M.Ag kepada Ketua Pengadilan Agama Pekalongan yang diwakili oleh  Dr. Drs. Muhlas, SH., MH.

 


kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan Doa oleh Rektor bidang kemahasiswaan Bapak Dr. Hasan Bisyri, M.Ag. Acara ditutup dengan bacaan Basmallah dan foto-foto bersama.