Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-71
Ditulis oleh administrator Pengadilan Agama Pekalongan

Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Perma No. 7, 8, dan 9 tahun 2016 di Pengadilan Agama Pekalongan

 

pada hari jum'at 9 September 2016 Pengadilan Agama Pekalongan melaksanakan rapat koordinasi internal pegawai dan hakim sekaligus melaksanakan sosialisasi perma no 7, 8, dan 9 tahun 2016 oleh Bapak Drs. H.Wahid Abidin, M.H. di ruang sidang utama guna menindaklanjuti hasil rapat Sosialisasi PERMA Nomor 7,8 dan 9 tahun 2016 yang dilaksanakan di Pengadilan Tinggi Agama Semarang pada tanggal 07 September  2016.

 

Rapat ini dibuka oleh Ketua Panitera Pengadilan Agama Pekalongan H. Jamali, S.H., dilanjutkan dengan penyampaian hasil rapat Sosialisasi di PTA Semarang  oleh Ketua Pengadilan Agama Pekalongan Drs. H.Wahid Abidin, M.H., beliau menyampaikan tentang tiga Peraturan Mahkamah Agung tahun 2016 yang harus diketahui oleh seluruh warga Pengadilan Agama Pekalongan terutama Hakim, Pejabat Fungsional dan Struktural, pertama, Perma Nomor 7 tahun 2016 tentang Penegakan Disiplin Kerja Hakim pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada di bawahnya, kedua, Perma  Nomor 8 tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan langsung di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya, dan ketiga, Perma  Nomor 9 tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (Whistleblowing System) di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada di bawahnya, beliau juga menyampaikan agar seluruh warga Pengadilan Agama Pekalongan untuk mematuhi dan melaksanakan setiap aturan-aturan yang tercantum di dalam isi PERMA tersebut.

Ditulis oleh administrator Pengadilan Agama Pekalongan

TIM III BUA MA-RI BERKUNJUNG KE PENGADILAN AGAMA

KELAS 1 A PEKALONGAN

Pada hari ini senin, tanggal 29 Agustus 2016 pukul 10.00 WIB Pengadilan Agama Pekalongan menerima kunjungan TIM III Badam Urusan Keuangan Mahkamah Agung Republik Indonesia dalam rangka Tertib Administrasi Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2016 dan mensukseskan Reformasi Birokrasi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia. Dengan surat Tugas nomor :ST-574?Bua.3/08/2016 tertanggal Agustus 2016.

TIM yang beranggotakan 4 orang terdiri dari:

  1. Emmy Supartiningrum, SE Kasubag Pelaksanaan Aggaran I B.,
  2. Hj. Sri Supiatirah, B.Sc Kasubag Pelaksanaan Aggaran IA.
  3. Sutris, SH.MH. Kasubag rencana dan Program PTA. Semarang.
  4. Rifqi Muslim, SH. MH Staf Pengadilan Tinggi Semarang.

 

Kunjungan Tim III BUA MA-RI di Pengadilan Agama Kelas IA Pekalongan ini guna melakukan pembinaan pengelolaan keuangan di satuan kerja Pengadilan Agama Kelas IA Pekalongan.

Dalam pembinaannya Ketua Tim II ini menerangkan bahwa kinerja bendahara pengeuaran di satuan kerja Pengadilan Agama Kelas IA Pekalongan sudah benar dan sesuai aturan yang berlaku dan juga mengingatkan bahwa tugas Bendahara pengeluaran bukanlah pekerjaan yang ringan tetapi pekerjaan yang bisa dianggap sebagai pekerjaan yang berat. oleh karena itu harus dibutuhkan ketelitian, keseriusan dan kehati-hatian. segal pengeluaran harus ada kuitansi/bukti yang nyata.

di akhir pembinaannya Ketua Tm III ini menekankan kerja yang sudah baik ini seyogyanya di pertahankan kalau bisa ditingkatkan terus sehingga akan tercipta Bendahara Pengeluaran yang cerdas, kreatif dan inofatif.

Ditulis oleh administrator Pengadilan Agama Pekalongan

Apel Hari Senin, Pembacaan dan Penandatanganan Bersama Pakta Integritas

 

Senin, 29 Agustus 2016 pukul 08.00 WIB tepat setelah apel pagi di halaman Pengadilan Agama Pengadilan diadakan pembacaan dan penandatangan Pakta Integritas dari seluruh jajaran Pimpinan, Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Pegawai dan Seluruh Tenaga Honorer Pengadilan Agama Pekalongan. Maksud dibuatnya Pakta Integritas ini adalah perlunya sebuah komitmen bersama dengan menunjukan iktikad baik untuk bertanggung jawab dan menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Integritas merupakan mutu, sifat atau keadaan yang menunjukan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan dan atau kejujuran. Sedangkan pakta merupakan bentuk perjanjian. Sehingga dapat kita sebut bahwa pakta integritas merupakan pernyataan janji bersama atau komitmen sebagai bentuk kesanggupan untuk patuh terhadap ketentuan yang berlaku.

 

Dengan adanya pakta integritas ini, Pengadilan Agama Pekalongan mengharapkan bahwa aparatur sanggup untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya serta peran dan wewenangnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Selain itu pakta integritas tersebut merupakan wujud penyelenggaraan pemerintah yang akuntabel, transparan dan bertanggungjawab dalam rangka menciptakan pemerintahan yang baik, dan bertujuan untuk memperkuat komitmen bersama dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, menumbuhkan keterbukaan dan kejujuran serta mempelancar tugas yang berkualitas, efektif dan akuntabell dan termasuk untuk mewujudkan pribadi yang bertanggung jawab dan bermartabat.Pakta integritas sudah ditetapkan melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Nomor 499 Tahun 2011 tentang Pedoman umum Pakta Integritas di Lingkungan Kementerian/Lembaga atau Pemerintah Daerah. Disamping itu, hal ini juga merupakan tindak lanjut dan implementasi dari UU Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas KKN, Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi, Instruksi Presiden Nomor 9/2011 tentang Rencana Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi.Wakil Ketua Pengadilan Agama Pekalongan Drs. H.Wahid Abidin, M.H. yang ditemui setelah selesai acara, memberikan pesan bahwa pembacaan dan penandatanganan Pakta Integritas tidak sekedar acara seremonial, tetapi menjadi momentum penting menjaga komitmen, untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik yang pada akhirnya senantiasa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat khususnya para pencari keadilan.Semoga dengan pembacaan dan pendatanganan Pakta Integritas ini dapat lebih meningkatkan kinerja dan rasa tanggungjawab yang tinggi pada seluruh aparat Pengadilan Agama Pekalongan.

 

Ditulis oleh administrator Pengadilan Agama Pekalongan

Upacara Bendera Memperingati HUT Mahkamah Agung RI Ke 71

Foto Pimpinan Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama bersama Para Hakim

Foto Pimpinan Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama bersama Para Hakim

 Kamis, 19 Agustus 2016 Ketua Pengadilan Negeri Pekalongan, Bapak Sarwono, S.H., M.Hum memimpin upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke-71 bertempat di halaman depan gedung Pengadilan Negeri Pekalongan, Upacara bendera di hadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Pejabat fungsional dan Struktural Pengadilan Negeri Pekalongan, Pengadilan Agama Kajen, dan Pengadilan Agama Kota Pekalongan, serta karyawan dan karyawati Pengadilan Negeri Pekalongan. Upacara berlangsung dengan hidmad, ditutup dengan Do'a di pimpin oleh Hakim Pengadilan Agama Kota Pekalongan, Bapak Drs. Mukhlas, SH., MH.

Selengkapnya: HUT Mahkamah Agung Yang ke 71

Artikel Selanjutnya...

Jadwal Sidang