logo

e-Court Mahkamah Agung

Adalah layanan dalam hal pendaftaran perkara Online, saat ini dikhususkan untuk Advokat. Pengguna terdaftar harus setelah mendaftar dan mendapatkan Akun, harus melalui mekanisme validasi Advokat oleh Pengadilan Tinggi tempat dimana Advokat disumpah, sedangkan pendaftaran dari Perseorangan atau Badan Hukum akan diatur lebih lanjut. Layanan dan Penjelasan singkat Pendaftaran Perkara Online Manual Book,Link e-court Mahkamah
e-Court Mahkamah Agung

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

jadwal sidang

 

 

 

 

 

 

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

sipp

 

 

 

 

 

 

 

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

biaya perkara

 

 

 

 

 

 

 

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

Siwas

 

 

 

 

 

 

 

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

e court

 

 

 

 

 

 

 

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

 

Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Kelas 1 A Pekalongan

APLIKASI - APLIKASI  PENDUKUNG

   

   

 

   
   

Nusa Dua |badilag.mahkamahagung.go.id

Ketua Mahkamah Agung (MA) Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H. kembali menyerahkan sertifikat akreditasi untuk empat lingkungan peradilan di Nusa Dua, Bali, Senin (10/9/2018). Untuk pertama kalinya Prof. Hatta Ali juga menyerahkan piagam penghargaan kepada pemenang lomba program Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Untuk pengadilan tingkat banding di lingkungan peradilan agama, ada 15 Pengadilan Tinggi Agama (PTA) dan 1 Mahkamah Syariyah (MS) Aceh yang menerima sertifikat akreditasi. Semuanya berpredikat A excellent.

15 PTA penerima akreditasi yaitu PTA Riau, Jambi, Bangka Belitung, Bengkulu, Jakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Maluku Utara dan PTA Papua.

Pada penyerahan sertifikat akreditasi di Balikpapan, ada 13 PTA yang telah menerima sertifikat akreditasi. Artinya, hingga saat ini seluruh PTA/MS Aceh telah terakreditasi.

Tidak hanya PTA/MS Aceh, di Nusa Dua ini juga diserahkan sertifikat akreditasi untuk 75 Pengadilan Agama (PA)/Mahkamah Syar’iyah (MS). Masing-masing 11 PA Klas IA, 24 PA/MS Klas IB dan sisanya 40 PA/MS Klas II. Untuk PA Klas IA semuanya berpredikat A excellent. 20 PA/MS Klas IB berpredikat A excellent dan 4 PA/MS berpredikat B. Sementara dari 40 PA/MS Klas II, 33 PA berpredikat A excellent dan sisanya berpredikat B.

Dari sisi kontribusi PA/MS, kali ini wilayah PTA Jawa Tengah menyumbangkan PA terbanyak penerima sertifikat, yaitu 16 PA. Disusul kemudian oleh wilayah PTA Jawa Timur dengan 12 PA, PTA Nusa Tenggara Barat sejumlah 9 PA, Mahkamah Syar’iyah Aceh sebanyak  6 MS dan wilayah PTA Sulawesi Selatan sejumlah 5 PA. Sisanya 16 wilayah PTA menyumbangan antara 1 hingga 3 PA-nya untuk menerima sertifikat akreditasi.

Hingga saat ini sudah tercatat 305 PA/MS yang telah terakreditasi dengan rincian 98 sertifikat akreditasi diserahkan di Makassar, 132 di Balikpapan dan 75 PA di Nusa Dua ini.

Piagam PTSP

Disamping penyerahan sertifikat akreditasi, Prof. Hatta Ali juga memberikan penghargan kepada pemenang lomba PTSP pengadilan tingkat pertama empat lingkungan peradilan. Untuk peradilan agama sendiri, terdapat 15 PA penerima penghargaan PTSP.

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Ditjen Badilag) selaku penyeleksi PTSP pada PA/MS telah menetapkan 5 predikat untuk masing-masing klas pengadilan. Mulai dari predikat  Juara 1 hingga Harapan II.

Untuk Klas II ditetapkan Juara 1 jatuh kepada PA Kuala Kapuas, disusul Juara 2 PA Sintang, PA Kota Madiun Juara 3,  PA Kolaka dan PA Mentok masing-masing menempati Harapan I dan II.

Di Klas IB, PA Purwakarta menjadi Juara 1, diikuti PA Kalianda dan PA Martapura. Predikat Harapan I dan II menjadi milik PA Mempawah dan PA Manado.

PA Bandung menjadi juaranya di PA Klas IA. Tidak itu saja, dengan raihan nilai tertinggi, PA Bandung juga meraih juara umum untuk lomba program PTSP ini. Untuk Juara 2, di Klas IA ini ditempati oleh PA Semarang. PA Makassar menduduki juara ketiga dan PA Tangerang serta PA Samarinda menjadi juara Harapan I dan II. (Hirpan hilmi)

  • Artikel
  • Kegiatan Hukum / Hasil Penelitian
  • Pojok KPA

Kegiatan Hukum / Hasil Penelitian

1. ..............................

2. ..............................

3. ..............................

Kegiatan Hukum Lainya

Rizqi dari Allah

Kita semua mengetahui bahwa Allah SWT yang maha tunggal yang memberikan Rizki.  dengan Kehendak Nya kita merasakan berbagai nikmat Allah SWT. Rejeki melalui malaikat kemudian disampaikan ke mahluk baik langsung atau melalui perantara sesama manusia lainnya. Malaikat tidak pernah lupa atau lalai mencatat perintah-perintah Allah SWT. Dan Allah selalu menurunkan Rizqinya melalui  Sebab dan akibat.

Bisa saja Allah SWT. menurunkan langsung apa yang diminta mahluknya di hadapannya langsung namun tidaklah demikian karena itu merupakan salah satu penjagaan dari Allah agar manusia tidak sombong dan menjadi kufur.

مَا يَفْتَحِ اللَّهُ لِلنَّاسِ مِنْ رَحْمَةٍ فَلَا مُمْسِكَ لَهَا وَمَا يُمْسِكْ فَلَا مُرْسِلَ لَهُ مِنْ بَعْدِهِ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, maka tidak ada seorang pun yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan oleh Allah maka tidak seorangpun yang sanggup melepaskannya sesudah itu. dan Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Fathir: 2)

وَلَوْ بَسَطَ اللَّهُ الرِّزْقَ لِعِبَادِهِ لَبَغَوْا فِي الْأَرْضِ وَلَكِنْ يُنَزِّلُ بِقَدَرٍ مَا يَشَاءُ إِنَّهُ بِعِبَادِهِ خَبِيرٌ بَصِيرٌ

Dan jikalau Allah melapangkan rezki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha Melihat.” (QS. Asy Syuraa: 27)

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Pekalongan

Jl. Dr. Sutomo No.190, Pekalongan - 51129

Telp (0285) 4416539

Fax. (0285) 4416538

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

© 2018 Pengadilan Agama Pekalongan Kelas 1A Designed by Joomla
Jl. Dr. Sutomo No.190 Pekalongan - 51129 Jawa Tengah
Telp (0285) 4416539 Fax. (0285) 4416538